5 Bank Keliling Mingguan, Sangat Mudah Pencairannya 2022

3 min read

Bank Keliling Mingguan

5 Bank Keliling Mingguan – Dalam situasi seperti sekarang ini, masyarakat disejumlah daerah terutama masyarakat menengah ke bawah yang ingin mengolah usaha sampingan seperti usaha mikro atau home industri mengalami banyak kendala.

Kesulitan mendapatkan pinjaman modal usaha yang diakibatkan oleh beberapa faktor seperti tingkat literasi keuangan yang masih rendah hingga keberadaan lembaga keuangan yang belum merata.

Oleh karena itu, tidak jarang masyarakat yang mengandalkan koperasi simpan pinjam untuk memperoleh modal usaha. Saat ini banyak sekali koperasi simpan pinjam yang menawarkan pinjaman dengan sistem angsuran sesuai keinginan baik bulanan, mingguan bahkan harian.

Sistem angsuran yang dibayar setiap pekan atau setiap seminggu sekali kerap dikenal dengan nama bank keliling mingguan. Bank keliling mingguan ini sangat mudah dijumpai di berbagai tempat, karena biasanya bank keliling ini menawarkan pinjaman kepada pedagang-pedagang kecil seperti warung, pedagang asongan, pedagang di pinggir jalan ataupun di pasar. Tentunya dengan proses yang relatif cepat dan mudah.

Bank keliling mingguan tersebut pastinya berbeda-beda di setiap daerah.Berikut beberapa bank keliling mingguan di beberapa daerah yang bisa dengan mudah kita jumpai dan pencairan dananya juga relatif cepat antara lain:

5 Bank Keliling Mingguan

Untuk lebih jelasnya berikut ada beberapa contohbank mingguan yang dapat anda jadikan referensi untuk anda.

1. Koperasi Kemuning

Pertama Koperasi kemuning merupakan koperasi harian atau mingguan yang berkantor didaerah Kudus-Jawa Tengah. Koperasi kemuning ini sangat berbeda dari koperasi lainnya, karena memberikan plafon pinjaman dengan maksimal nominal paling besar. Plafon pinjaman yang diberikan berkisar Rp 1.000.000 hingga Rp 50.000.000, yang tentunya disesuaikan dengan kemampuan bayar peminjam. Dan biaya adminpun tergolong cukup besar yaitu Rp 25.000 per pinjaman Rp 1.000.000

Ada beberapa persyaratan yang harus disiapakn pada saat akan melakukan pinjaman pada Koperasi kemuning seperti  fotocopy KTP, fotocopy KK, dan fotocopy Surat Kontrak Tempat Usaha.

Kelebihan yang ditawarkan oleh koperasi kemuning ini juga sangat menggiurkan antara lain, pencairan dilakukan dalam waktu 1 hari, tenor (waktu angsuran yang disepakati) panjang, tanpa adanya BI Checking dan tanpa jaminan.

2. Koperasi Semarak Dana

Kedua Koperasi semarak dana merupakan koperasi mingguan yang kantornya beralamatkan di daerah Purwakarta. Plafon pinjaman yang ditawarkan adalah 1.000.000 ke atas yang bisa diajukan untuk tambahan modal usaha, biaya pendidikan dan lain-lain. Prosesnya juga sangat cepat dan mudah. Syarat yang diberikan untuk dapat melakukan pinjaman antara lain fotocopy KTP, Kartu Keluarga (KK) dan beberapa jaminan, tapi kalian tidak perlu khawatir karena jaminan yang disyaratkan dalam peminjaman hanya jaminan tertulis.

3. Koperasi Sentra Dana

Ketiga koperasi sentra dana ini merupakan bank keliling mingguan yang telah memiliki banyak cabang yang tersebar di pulau Jawa. Plafon pinjaman yang ditawarkan berkisar antara Rp 1.000.000 sampai Rp 2.500.000 yang diangsur per minggu. Kelebihan yang diberikan oleh koperasi sentra dana ini yaitu pinjaman tanpa agunan (tanpa aset atau barang berharga yang dititipkan oleh peminjam dana ke pemberi pinjaman sebagai jaminan) dan pencairan yang terbilang cepat. Syarat pengajuan pinjaman juga cukup mudah hanya fotocopy KTP, fotocopy KK dan fotocopy Rekening Listrik.

4. Koperasi ASA

Keempat koperasi ASA merupakan koperasi yang kantornya beralamatkan di daerah Mengwitani Badung, Bali. Koperasi ini memberikan plafon pinjaman mulai dari Rp 300.000 sampai Rp3.500.000 dengan tenor pinjaman 8 minggu atau sekitan 2 bulan. Syarat utama yang wajib dipenuhi oleh peminjam dana di koperasi ASA ini yaitu memiliki KTP dan mempunyai usaha. Tidak jauh berbeda dengan bank keliling lainnya, pencairan dana di koperasi ini juga terbilang mudah dan cepat hanya dalam hitungan menit saja.

5. Koperasi Serambi Dana

Terakhir koperasi serambi dana memiliki banyak cabang yang tersebar diseluruh kota di pulau Jawa. Koperasi ini terbilang koperasi yang cukup populer dikalangan pedagang. Syarat untuk melakukan peminjaman di koperasi ini adalah fotocopy KTP dan KK, tetapi tidak hanya itu pihak koperasi juga nantinya akan memiminta jaminan pinjaman berupa buku nikah atau akta kelahiran. Proses pencairan di koperasi ini juga terbilang sangat cepat.

Setelah mengetahui beberapa bank keliling yang bisa dengan mudah dijumpai diberbagai daerah. Tentunya tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dan kekurangan tersebut antara lain:

Kelebihan Bank Keliling Mingguan

  • Pembayan angsuran atau kredit nantinya akan diambil
  • Proses pencairan terbilang cepat dan mudah
  • Tanpa melewati proses BI Checking
  • Ada beberapa koperasi minggguan yang menawarkan pinjaman tanpa jaminan
  • Petugas kopersi akan mudah ditemui

Kekurangan Bank Keliling Mingguan

  • Tidak semua bank keliling mingguan mau memberikan jumlah pinjaman yang besar
  • Suku bunga yang cukup tinggi pada setiap pinjamannya
  • Beberapa bank mingguan memberikan tenor atau jangka pengembalian yang terbilang singkat
  • Adanya potongan atau biaya administrasi yang cukup besar.

Selain itu syarat utama yang harus dipenuhi untuk melakukan pengajuan peminjaman di bank keliling mingguan tidak jauh berbeda dengan syarat pengajuan pinjaman di bank besar, baik bank konvensional maupun bank syariah yang mana harus ada identitas diri berupa KTP ataupun syarat-syarat lainnya tergantung bagaimana dari kebijakan bank keliling itu sendiri.

Baca Juga : Pinjaman Koperasi Untuk Ibu Rumah Tangga Terbaru 2022

Kesimpulan

Bank keliling mingguan merupakan salah satu bank yang cepat dalam hal pencairan. Selain itu pada saat melakukan pada bank keliling mingguan ini syarat pencairan pun tidak terlalu susah sehingga nasabah dapat melakukan pencairan kapan saja asalkan semua persyaratan yang dibutuhkan sudah lengkap.

Ada 5 bank keliling mingguan yang dapat anda ketahui, namun kami sarankan sebelum anda melakukan pinjaman ke bank keliling mingguan. Alangkah baiknya jika anada mencari tahu terlebih dahulu tentang bank mingguan yang akan anda ajukan pinjaman tersebut. Hal ini untuk menghindari dari adanya kecurangan dari pihak bank mingguan tersebut.

Koperasi Pinjaman Uang Tanpa Jaminan di Bandung

Koperasi Pinjaman Uang Tanpa Jaminan di Bandung – Koperasi adalah salah satu jasa keuangan yang sudah menjamur di Indonesia. Tak heran jika sampai saat...
barokindo
1 min read

Cara Pinjam Uang Di BMT NU

barokindo
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.