Apakah Buku Nikah Bisa Digadaikan di Pegadaian

1 min read

Apakah Buku Nikah Bisa Digadaikan di Pegadaian

Apakah Buku Nikah Bisa Digadaikan di Pegadaian – Menjadi mitra atau nasabah di pegadaian tentu menjadi keuntungan tersendiri untuk anda. Mengapa demikian, karena jika tidak adanya pegadaian maka anda tidak bisa mendapatkan uang dari hasil gadai barang anda.

Memang saat ini banyak jasa gadai milik pribadi yang bermunculan, namun terkadang layanan gadai pribadi tersebut tidak seaman dengan pegadaian. Pegadaian sendiri dapat dikatakan aman karena Pegadaian dikelola oleh pemerintah yaitu melalui kementerian BUMN.

Nah jika pada artikel sebelumnya anda sudah melihat tabel angsuran jam tangan di pegadaian. Maka pada kesempatan kali ini pinjamansmart.com akan menuliskan tentang Apakah Buku Nikah Bisa Digadaikan di Pegadaian.

Apakah Buku Nikah Bisa Digadaikan di Pegadaian ?

Nah jika ada pertanyaan seperti itu maka jawabannya bisa tidak bisa, mengapa demikian ? karena buku nikah pada dasarnya harnya merupkan surat penting saja dan tidak memiliki harga jual. Artinya buku nikah tidak bisa digadaikan namun bisa dijadikan sebagai syaran pengajuan pinjaman baik di pegadaian atau di bank saja.

Sementara jika melihat perkembangan dunia perbankan saat ini, maka yang paling ekstrim yaitu bermunculannya pinjaman bank keliling. Dengan adanya bank keliling yang menawarkan jasa pinjaman dengan anssuran harian, mingguan dan bulanan tentu membuat seseorang akan melihat tertarik dengan bank keliling tersebut.

Selain itu untuk pinjaman bank keliling menawarkan pinjaman dengan syarat ringan misalnya hanya syarat KTP, KK, dan buku nikah sementara jika ada BPKB atau sertifikat lebih baik. Dengan syarat hanya buku nikah dan KTP maka seseorang bisa dengan mudah mendapatkan uang.

Alasan Buku Nikah Tidak Bisa Digadaikan

Buku nikah tidak bisa digaidaikan dikarenakan buku nikah tidak memiliki nilai atau harga jual. Karena pihak pegadaian tidak mau rugi jika seseorang melakukan gadai namun tidak membayar angsuran maka pegadaian akan rugi.

Berbeda jika yang digadaikan selain buku nikah misalnya barang elektronik, BPKB dan Sertifikt. Maka barang dan dokumen tersebut bisa diambil pegadaian jika sewaktu – waktu nasabah tidak bisa membayar angsuran. Selain itu anda pun bisa melakukan gadai jam tangan di Pegadaian

Opsi Lain Gadai Buku Nikah Selain Pegadaian

Seperti telah dikatakan di atas gadai buku nikah selain pegadaian yaitu ada pada bank keliling dan koperasi. Sementara untuk bank – bank besar seperti bank BRI, BCA, BNI, Mandiri dan bank besar lainya tentu tidak memiliki layanan gadai buku nikah.

Namun walaupun ada gadai buku nikah tentu jumlah uang yang didapatkan tidak sebesar saat anda melakukan gadai BPKB dan Sertifikat.

Baca Juga : Tabel Pinjaman Pegadaian Jaminan Sertifikat Rumah Terbaru

Kesimpulan

Untuk kesimpulannya maka di pegadaian tidak ada layanan gadai buku nikah. Namun buku nikah bisa dijadikan syarat saat melakukan gadai barang atau pinjaman dengan jaminan di pegadaian.

Selain itu jika anda ingin mencoba melakukan gadai surat nikah. Maka anda bisa mencoba melalui jasa keungan bank keliling atau melalui koperasi. Oke semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published.