Biaya Mengaktifkan Kembali Rekening BRI

2 min read

Biaya Mengaktifkan Kembali Rekening BRI – Bagi pengguna rekening BRI yang pasif dalam melakukan transaksi perbankan, mengakibatkan lambat laun rekening menjadi tidak aktif dan tidak dapat lagi digunakan. Hal ini biasa dikenal dengan istilah rekening Dormant.

Masalah rekening dormant atau rekening tidak aktif ini bisa terjadi apabila nasabah tidak memiliki saldo minimum BRI. Atau bisa juga nasabah tidak pernah sama sekali melakukan transaksai keuangan dalam kurun waktu kurang lebih 540 hari. Dengan demikian pihak bank akan secara otomatis menonaktifkan rekening tersebut. sehingga rekening tidak dapat lagi digunakan.

Berangkat dari hal tersebut muncul pertanyaan, apakah rekening dormant atau rekening yang sudah tidak aktif bisa diaktifkan kembali? Jawabanya tentu saja bisa. Mengakifkan kembali rekening dormant sangatlah mudah, tetapi juga tidak terlepas dari syarat dan ketentuan yang berlaku.

Berkaitan dengan cara mengaktifkan kembali rekening dorment BRI, sebagaimana diketahui bersama bahwa rekening BRI terbagi menjadi dua jenis yaitu Britama dan Simpedes. Kedua jenis rekening tersebut memiliki masa berlaku jika tidak digunakan dalam jangka waktu relatif lama. Akan tetapi apabila rekening tersebut aktif atau digunakan secara terus menerus maka rekening tersebut akan dapat digunakan dalam jangka panjang tanpa batas waktu yang ditentukan.

Supaya lebih jelas alangkah baiknya untuk memahami pengertian dari rekening dorment itu sendiri. Secara lengkap rekening dorment atau rekening pasif merupakan tabungan atau simpanan nasabah bank berupa Giro maupun Tabungan tanpa adanya aktifitas transaksi. Selain dari biaya administrasi dan bunga simpanan yang terjadi dalam waktu 6 bulan berturut-turut atau juga dalam periode tertentu sesuai dengan ketentuan dan kebijakan bank yang berlaku.

Ciri-ciri rekening tidak aktif atau Dorment

Selain itu terdapat tanda-tanda atau ciri-ciri yang umumnya ditemui oleh nasabah yang kedapatan rekeningnya berstatus rekening dorment, pasif atau tidak aktif. Tanda atau ciri-ciri tersebut antara lain:

  • Saat melakukan transaksi via ATM pada layar monitor mesin akan menampilkan Transaksi Gagal, Rekening Dorment ataupun Rekening Pasif.
  • Saat melakukan transaksi setor tunai, uang yang disetorkan tidak masuk ke rekening
  • Rekening tidak bisa menerima transferan dari rekening lain.

Ketentuan Batas Waktu penyebab Rekening dinonaktifkan

Penyebab utama mengapa rekening tidak dapat digunakan karena sudah tidak aktif lagi yaitu karena jumlah saldo dibawah ketentuan minimun tanpa melakukan transaksi keuangan apapun dengan waktu yang lama. Dan jenis rekening BRI masing-masing memiliki batas waktu atau masa aktif yang berbeda, yaitu:

  • BritAma

Batas waktu rekening dinonaktifkan pada jenis tabungan BRI BritAma apabila saldo yang dimiliki dibawah Rp 50.000 dan tidak adanya transaksi keuangan apapun baik melalui ATM, M-banking, dan internet banking selama lebih dari 541 hari.

  • Simpedes

Sedangkan batas waktu rekening BRI jenis Simpedes penonaktifan dilakukan apabila saldo yang dimiliki dibawah minimum Rp 50.000, sama dengan jenis tabungan BritAma. Dan yang membedakan adalah jumlah ketentuan batas waktu tidak adanya transaksi yaitu selama 365 hari.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Kupon Undian Simpedes BRI

Syarat Mengaktifkan Kembali Rekening Dorment BRI

Sudah dibahas sebelumnya bahwa jika ingin mengaktfkan kembali rekening dorment atau rekening BRI yang sudah tidak aktif, ada beberapa persyaratan yang harus terlebih dahulu dipenuhi atau harus anda siapkan sebelum mengaktifkan rekening. Syarat-syarat tersebut antara lain:

  1. KTP (Kartu Identitas, bisa juga SIM atau Paspor)
  2. Buku Rekening atau Buku Tabungan
  3. Kartu ATM
  4. Biaya lain-lain
Biaya Mengaktifkan Kembali Rekening BRI
Biaya Mengaktifkan Kembali Rekening BRI

Biaya Aktivasi Rekening BRI Yang Sudah Tidak Aktif

Masuk kedalam topik pembahasan utama yakni berapakah biaya yang diperlukan untuk melakukan aktivasi rekening kembali? Untuk dapat mengaktifkan kembali rekening dorment tentunya diperlukan biaya untuk proses aktivasi. Biasanya biaya yang harus disiapkan untuk mengaktifkan kembali rekening BRI dengan jenis tabungan BritAma membutuhkan biaya sekitar Rp 250.000. Sedangkan untuk jenis tabungan Simpedes, biaya yang dibutuhkan berkisar Rp 100.000 saja.

Kesimpulan

Demikian sedikit ulasan mengenai rekening Dorment atau rekening BRI yang sudah tidak aktif dan tidak dapat digunakan. Pokok bahasan dalam artikel ini berkaitan dengan biaya yang diperlukan untuk mengaktifkan kembali rekening yang sudah tidak aktif. Catatan yang harus anda ingat bahwa biaya yang tercantum diatas dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan pihak bank.

Untuk lebih jelas anda bisa lebih dulu menanyakan perihal biaya untuk mengaktifkan kembali rekening yang sudah tidak aktif. Anda bisa menggunakan jumlah biaya diatas untuk dijadikan patokan keuangan atau biaya yang harus anda siapkan sebelum mendatangi kantor cabang BRI untuk melakukan aktivasi kembali. Dan jangan lupa membawa uang lebih untuk mengantisipasi adanya perubahan biaya. Sekian, semoga bermanfaat. . .

Leave a Reply

Your email address will not be published.