Bukti Tertulis Peminjaman Uang Atau Barang

1 min read

Bukti Tertulis Peminjaman Uang Atau Barang

Bukti Tertulis Peminjaman Uang Atau Barang – Melakukan peminjaman uang atau barang saat ini sudah menjadi hal yang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut sudah tak heran lagi karena banyak cara untuk melakukan pinjaman.

Cara melakukan pinjaman uang sendiri dapat dilakukan melalui bank, melalui pinjaman online, melalui koperasi, dan melalui pinjaman pada perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan yang sudah terdaftar OJK.

Sementara pada saat melakukan pinjaman, peminjam akan melakukan permohonan terlebih dahulu. Dengan permohonan tersebut peminjaman nantinya dapat akan diberikan syarat yang harus disiapkan, mengisi formulir pinjaman dan selnajutnya peminjam tinggal menunggu apakah permohonan pinjamannya berhasil atau tidak.

Setelah proses pinjaman diterima, peminjam nantinya harus memiliki bukti tertulis. Tujuan dari adanya bukti tertulis tersebut yaitu agar antara pihak peminjam dan pihak yang dipinjami akan memiliki bukti jika sewaktu-waktu ada kecurangan dari pihak pemijam ataupun pihak yang meminjamkan.

Bukti Tertulis Peminjaman Uang atau Barang Yang Sering Digunakan

Surat Perjanjian Bermaterai

Surat perjanjian yang bermaterai penting sekali dimiliki oleh mereka yang hendak melakukan perjanjian pinjaman uang atau barang. Hal tersebut dikarenakan adanya tanda tangan di atas materai akan lebih kuat karena seperti kita ketahui sendiri fungsi materai bisa memberi kekuatan hukum. Sehingga jika diantara keduannya akan berbuat curang makan surat di atas materai tersebut dapat dijadikan bukti yang kuat.

Kwitansi Pembayaran Atau Struk Pembayaran

Bukti tertulis lainnya selain surat penjanjian bermaterai yaitu kwitansi maupun struk pembayaran pada saat melakukan pembayaran. Dengan adanya kwitasni pembayaran maka kwitansi tersebut dapat dijadikan bukti tertulis. Hal ini dikarenakan pada kwitansi tersebut pada umumnya akan dituliskan jumlah pembayaran dan tanda tangan peminjam dan petugas dari pihak yang meminjamkan. Sehingga jika anda memiliki pinjaman dan pada saat melakukan pembayaran anda diberi kwitansi pembayaran. Dan sebaiknya kwitansi tersebut harus anda simpan dengan baik sampai pinjaman anda lunas.

Dengan memiliki kedua bukti di atas tentunya akan membuat perjanjian pinjaman uang atau barang dapat berjalan dengan lancar. Selain itu kedua belah pihak akan lebih percaya karena memiliki bukti tersebut. Sehingga dengan adanya bukti tersebut akan terhindar dari kecurangan dari kedua belah pihak.

Manfaat Memiliki Bukti Surat Tertulis Peminjaman Uang Atau Barang

  1. Dengan memiliki bukti surat tertulis dapat meminimalisir terjadinya kecurangan dari masing-masing pihak baik peminjam dan yang meminjamkan
  2. Kedua belah pihak akan lebih tenang karena mereka telah memiliki bukti perjanjian baik itu bukti tertulis bermaterai dan bukti kwitansi yang menjadi bukti pembayaran bertanda tangan.
  3. Bukti tertulis dapat dijadikan pegangan jika sewaktu-waktu terjadi kesalahan dalam menuliskan pembayaran

Baca Juga : Contoh Surat Pinjaman Uang Ke Perusahaan Terbaru

Kesimpulan

Bukti piminjaman uang atau barang, sangat perlu dimiliki oleh kedua belah pihak yakni baik si peminjam maupun yang meminjamkan. Karena bukti tersebut sangat penting karena dapat dijadikan sebagai bukti jika sewaktu-waktu terjadi masalah pada pinjaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.