Cara membatalkan Shopee Paylater Dengan Mudah

2 min read

Cara Membatalkan Shopee Paylater

Cara membatalkan Shopee Paylater – Belanja online merupakan salah satu kegiatan yang marak dilakukan banyak orang dari berbagai kalangan terlebih dimasa pandemi covid-19 seperti sekarang ini. Belanja online manjadi kegiatan rutin yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan yang bisa dilakukan kapanpun dari rumah tanpa perlu mengunjungi pusat perbelanjaan untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

Selain daripada untuk memenuhi kebutuhan banyak orang yang melakukan belanja online sebagai hiburan. Hal ini  dikarenakan untuk mengurangi rasa jenuh dengan berbagai kegiatan yang hanya bisa diakukan dari rumah.

E-commerce Shopee menghadirkan berbagai fitur untuk memenuhi gaya hidup para shopper di seluruh Indonesia. Shopee menghadirkan 10 opsi pembayaran untuk memudahkan para shopper dalam melakukan pembayaran ketika melakukan belanja online. Salah satunya adalah Shopee Paylater. Dengan menggunakan Spaylater anda bisa melakukan pembelian barang terlebih dahulu dan bayar belakangan dengan sistem cicilan.

Sebelum menuju pembahasan inti alangkah lebih baik jika kita mengetahui terlebih dahulu tentang shopee Paylater.

Apa itu Shopee Paylater ?

Shopee Paylater merupakan fitur yang dikeluarkan oleh E-Commerce Shopee berupa pinjaman sejumlah dana. Fitur ini memungkinkan anda untuk berbelanja online dengan barang datang terlebih dahulu sesuai dengan jumlah Spaylater yang disetujui kemudian anda bisa membayar dengan sistem cicilan perbulan berikut dengan bunganya. Dalam artian fitur ini hampir sama dengan kartu kredit, namun anda hanya bisa menggunakannya pada aplikasi shopee saja

Limit dana yang disediakan oleh Shopee Paylater beragam disesuaikan dengan keaktifan pengguna dan status akun pada aplikasi shopee. Limit yang ditentukan biasanya berkisar antara Rp 500.000 sampai dengan Rp 50.000.000. fitur tentunya akan sangat membantu bagi anda yang ingin membeli kebutuhan namun terhalang oleh dana yang belum cukup. Anda bisa berbelanja terlebih dahulu dan baru membayar kemudian.

Terdengar menarik dan menyenangkan bukan? Kita bisa belanja dengan cara membayar sistem cicilan dalam beberapa bulan dan barang bisa kita terima terlebih dahulu. Namun jika hal ini dilakukan secara berlebihan pastinya akan menjerat anda ke pusaran hutang yang justru akan membuat anda semakin boros. Apa lagi jika anda terlambat membayar cicilan atau menunggak, akan mengakibatkan tagihan akan terus membengkak seiring dengan semakin bertambahnya bunga cicilan.

Sementara jika anda ingin berhenti agar tidak lagi terlilit tagihan shopee paylater ini, anda bisa menonaktifkannya. Tetapi dengan catatan anda harus menyelesaikan terlebih dahulu cicilan dari transaksi yang sebelumnya sudah anda lakukan. Hal ini agar tidak menimbulkan permasalahan untuk anda sendiri dikemudian hari.

Cara Membatalkan Shopee Paylater

Berikut cara yang bisa anda lakukan untuk menonaktifkan Shopee Paylater yaitu

  1. Buka aplikasi Shopee di Handphone anda
  2. Pilih menu Saya dan masuk ke Pengaturan
  3. Ajukan Hapus Akun yang anda temukan pada menu Pengaturan
  4. Masukan Kode Verifikasi yang anda miliki
  5. Pilih Alasan Hapus, anda bisa memilih alasan penghapusan akun Shopee atau anda juga bisa menuliskan dalam bentuk beberapa kalimat
  6. Masukan alamat emailyang sebelumnya telah anda gunakan untuk mendaftar ke aplikasi shopee
  7. Centang Setuju dengan Syarat dan Ketentuan untuk penghapusan
  8. Klik Kirimkan
  9. Selanjutnya anda bisa menunggu konfirmasi dari pihak Shopee terkait penghapusan akun tersebut.
  10. Selesai

Dengan menonaktifkan Shopee Paylater yang disetujui melalui penghapusan akun Shopee, maka anda tidak akan lagi memikirkan adanya tagihan bulanan. Namun perlu anda ketahui bahwa jika anda menonaktifkan Shopee Paylater ini tentunya ada resiko yang akan anda dapatkan.

Resiko Membatalkan Shopee Paylater

Ada beberapa resiko yang untuk anda jika anda menonaktifkan Shopee Paylater yang anda miliki, resiko tersebut yaitu

  1. Jika anda adalah orang yang gemar mengumpulkan koin Shopee, maka koin anda akan hangus sebagaimana akun anda yang sudah tidak lagi aktif.
  2. Alangkah lebih baik sebelum anda menonaktifkan akun anda untuk memberhentikan Spaylater. Anda gunakan koin yang anda miliki untuk berblanja terlebih dahulu.
  3. Anda harus menyelesaikan semua pesanan sebelum anda menonaktifkan akun shopee. Jika anda sedang berbelanja dan barang yang anda pesan belum sampai anda tidak dapat menonaktifkan akun sampai pesanan pembelian barang terselesaikan.
  4. Semua transaksi pada akun yang anda nonaktifkan akan tetap tersimpan untuk keperluan audit pihak shopee
  5. Anda tidak dapat lagi melihat riwayat transaksi yang pernah anda lakukan pada akun yang anda nonaktifkan
  6. Jika sewaktu-waktu anda ingin kembali membuat akun Shopee yang baru, pihak shopee bisa saja dapat menolak pengajuan anda.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang 50 Juta Dalam Sehari

Kesimpulan

Itulah cara menonaktifkan Spaylater yang bisa anda lakukan. Ternyata cukup banyak resiko yang akan anda dapatkan jika mengambil langkah dengan cara menonaktifkan akun. Untuk itu pikirkanlah dengan matang sebelum mengambil keputusan untuk menonaktifkan SPaylater. Jadilah shopper yang lebih bijak dalam memutuskan sesuatu dan berbelanjalah dengan mempertimbangkan segala keuntungan, kelebihan dan resiko yang mungkin saja anda dapatkan dalam melakukan transaksi pembelian barang. Happy Shopping. . .

Leave a Reply

Your email address will not be published.