Cara Mengaktifkan Rekening BRI

2 min read

Cara Mengaktifkan Rekening BRI

Cara Mengaktifkan Rekening BRI yang Lama Tidak Aktif – Banyak faktor yang menjadi penyebab rekening BRI sudah tidak aktif lagi atau mati seperti tidak pernah mengisi saldo dan melakukan transaksi dalam kurun waktu yang lama. Tentunya penonaktifan otomatis dilakukan oleh sistem bank, setelah anda tidak melakukan transaksi keuangan apapun selama 6 bulan dan saldo yang tersisa juga dibawah ketentuan minimal sisa saldo.

Mungkin anda bertanya-tanya apakah bisa rekening BRI yang sudah lama tidak digunakan dan tidak aktif ingin diaktifkan kembali? Sebetulnya masa aktif yang diberikan oleh ketentuan pihak bank sekitar 540 hari. Meskipun begitu apabila dalam kurun waktu sehari setelah ketentuan waktu tersebut anda tidak juga menggunakan rekening untuk transaksi apapun maka keesokan harinya rekening akan menjadi pasif.

Dan jika hal itu dibiarkan berlanjut pada hari ke 542 anda tidak kunjung melakukan transaksi maka oleh sistem rekening anda akan ditutup dan dinonaktifkan. Dan untuk dapat menggunakan Rekening dan ATM yang sama, anda harus melakukan aktivasi kembali ke Bank BRI. Sebetulnya hal tersebut sama saja dengan membuat kartu ATM baru. Bagaimana cara untuk mengaktifkan kembali rekening BRI yang tidak aktif lagi. Maka simak ulasan berikut,

Beberapa Hal Sebelum Melakukan Pengaktifkan Rekening Kembali

Sebelum mengunjungi kantor bank BRI terdekat untuk melakukan pengaktifan kembali rekening yang sudah mati. Ada beberapa hal penting yang perlu anda ketahui untuk memastikan apakah rekening anda bisa diaktifkan kembali atau tidak. Hal ini bertujuan supaya proses pengaktifkan rekening berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun. Simak ulasan berikut tentang beberapa hal penting yang harus anda ketahui,

1. Status Rekening

Mengetahui status rekening merupakan salah satu hal penting yang perlu anda perhatikan apakah rekening anda hanya dinonaktifkan sementara atau dinonaktifkan total. Hal tersebut bisa menjadi tolak ukur langkah apa yang kemudian harus anda lakukan, masih bisa diaktifkan ulang atau harus membuat rekening baru.

Jika sisa saldo masih mencukup untuk biaya perawatan bulanan walaupun tidak digunakan selama beberapa bulan maka anda bisa melakukan pangaktifan ulang. Sedangkan dinonaktifkan total apabila tidak digunakan selama beberapa bulan dan saldo yang tersisa kosong atau Rp 0.

2 Biaya Perawatan Saldo

Dengan mengetahui biaya perawatan akan memudahkan anda untuk mengantisipasi jika harus membuat rekening baru mungkin saja ada uang yang harus disiapkan untuk pembayaran. Walaupun secara garis besar tidak ada biaya admin. Dan biasanya nasabah hanya diminta mengisi ulang saldo sesuai dengan nominal disesuaikan pada jenis rekening yang dimiliki.

Biaya yang dikeluarkan kemungkinan hanya untuk membeli materai yang akan digunakan dalam berkas tertentu.ini merupakan biaya yang tergolong sangat terjangkau karena tidak ada biaya admin tambahan selain dari menyetorkan uang untuk pemulihan dan jumlah saldo awal yang akan masuk kedalam rekening anda.

Cara Mengaktifkan Rekening BRI yang Sudah Tidak Aktif

Bagi anda yang mengalami kendala pada rekening ataupun ATM BRI yang anda miliki sudah tidak dapat digunakan lagi. Jangan khawatir, untuk dapat mengaktifkannya kembali cobalah untuk melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi Kantor BRI terdekat
  2. Sampaikan tujuan anda pada satpam penjaga atau security
  3. Setelah itu satpam akan memberi arahan dan mengambilkan nomor antrian
  4. Ketika nomor antrian di panggil segera temui custumer service
  5. Sampaikan tujuan anda untuk mengaktifkan kembali rekening
  6. Ikuti prosedur yang diberikan
  7. Tunggu hingga semua proses berhasil
  8. Selesai

Apabila rekening anda telah mati total tetapi sisa dana yang anda miliki masih banyak maka anda bisa melakukan pengaktifan kembali dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Ikuti prosedur administrasi terlebih dahulu
  2. Tunggu hingga proses pengaktifan selesai
  3. Jika sudah selesai, biasanya akan ada pemberitahuan biaya

Proses pengaktifan yang sudah selesai maka, buku tabungan, ATM dan juga KTP akan kembali diberikan kepada anda. Dengan demikian pengaktifan rekening BRI anda sudah berhasil.

Baca Juga : Berapa Lama Transfer Uang dari Malaysia ke Indonesia

Kesimpulan

Demikian cara yang dapat anda lakukan untuk mengaktifkan kembali rekening BRI anda yang sudah tidak aktif. Syarat untuk dapat mengaktifkan rekening anda kembali adalah saldo didalam rekening masih mencukupi untuk membayar biaya bulanan rekening. Jika status rekening seperti maka masih bisa diaktifkan kembali. Tetapi jika sisa saldo benar-benar kosong maka tidak bisa diaktifkan kembali dengan kata lain anda harus membuat rekening baru.

Cara mengaktifkan kembali rekening yang sudah mati adalah dengan mendatangi kantor BRI terdekat baik kantor pusat maupun cabang. Jangan lupa perhatikan dengan baik syarat dan ketentuan yang diperlukan sudah anda siapkan sebelumnya agar mempermudah proses pengaktifan kembali. Sekian dan terimakasih, semoga bermanfaat. . .

Leave a Reply

Your email address will not be published.