Cara Menghapus Jejak Pinjaman Online Paling Mudah Dipahami

3 min read

Cara Menghapus Jejak Pinjaman Online

Cara Menghapus Jejak Pinjaman Online – Bagi anda yang pernah menggunakan aplikasi pinjaman online pasti merasa sangat terganggu jika sering mendapatkan nortifikasi di Sms terkait promosi berulang dari pinjaman online tersebut. terlebih jika tawaran tersebut masuk diwaktu yang tidak tepat, pastilah sangat mengganggu. Lantas, apakah ada cara agar kontak anda terhapus dari layanan aplikasi pinjaman online tersebut? jika ada, bagaimanakah caranya?

Cara untuk menghapus data dari pinjaman online marak dicari oleh para pengguna ponsel ketika nomor simcard yang dimiliki terdaftar dalam SMS broadcast atau yang lebih sering dikenal dengan SMS Blast. Sehingga menjadi hal yang wajar jika anda mendapatkan SMS tawaran pinjaman online lebih dari 3 kali dalam sehari dan pastilah saat mengganggu.

Tujuan Penipu Melakukan SMS

Tujuan dari SMS tersebut tidak lain untuk memikat pengguna agar mengajukan pinjaman online sehingga pihak terkait mendapatkan keuntungan dari biaya pinjaman. Padahal sudah jelas bahwa Otoritas Jasa Keuangan melarang adanya promosi aplikasi pinjaman online via SMS. Hal tersebut didasarkan pada Peraturan OJK (POJK) Nomor 07 tahun 2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan. Jadi sudah tidak heran jika metode penawaran pinjaman online via SMS yang masih banyak beredar pada saat ini merupakan fintech secara ilegal.

Namun tidak sedikit juga dari para pengguna aplikasi pinjaman online. Misalnya  Indodana, Akulaku, Kredit Pintar dan aplikasi pinjaman lainnya. Dan pada umumnya mereka berkeinginan menghapus data pribadi dari keterkaitan dengan database aplikasi-aplikasi tersebut dengan berbagai alasan. Mengapa harus menghapus data pribadi dari pinjaman online? Jawabannya adalah mengingat resiko pinjaman online sangatlah besar. Semakin berkembangnya pinjaman online berbanding dengan semakin maraknya keluhan pengguna.

Selain dari tergangu dengan adanya SMS yang jumlahnya tidak sedikit. Para pengguna juga merasa terganggu dengan adanya cara penagihan yang kurang beretika melalui SMS maupun chat pada nomor Wa. yang lebih parah dari hal ini adalah pihak dari aplikasi pinjaman online bisa menyelisik nomor yang anda simpan didalam daftar panggilan darurat. Apalagi jika nomor tersebut merupakan orang penting, rekan kerja, atau mungkin partner bisnis. Maka alangkah malunya jika penagih pinjaman online sampai menghubungi nomor-nomor penting tersebut hanya untuk menagih hutang yang anda miliki. Tentunya hal tersebut juga sangat menjadi bibit ketidaknyamanan untuk orang-orang penting yang ada disekitar anda.

Hal tersebut menjadi alasan pokok bagi kebanyakan orang untuk memilih berbagai cara untuk menghapus data pribadi dengan keterkaitan aplikasi pinjaman online. Dengan menghapus keterkaitan data pribadi diharapkan berakhirnya penawaran berulang yang sangat mengganggu melalui SMS ataupun What’s App.

Cara Menghapus Jejak Pinjaman Online
Cara Menghapus Jejak Pinjaman Online

Menghapus Izin Akses Data Aplikasi Pinjaman Online

Langkah awal cobalah untuk menghilangkan jejak pinjaman online dengan cara menghapus izin akses data aplikasi pinjaman online dari ponsel anda. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini. . .

  1. Langkah awal, silahkan buka menu Setting atau Pengaturan di handphone anda
  2. Masuk ke menu APL atau Aplikasi
  3. Setelah itu, pilih Kelola Aplikasi
  4. Kemudian cari Aplikasi Pinjaman Online yang akan kalian ubah izin aksesnya
  5. Masuk ke Perizinan Apl
  6. Matikan seluruh akses perizinan aplikasi tersebut satu persatu
  7. Selesai

Cara diatas bisa menjadi alternatif pertama yang anda lakukan, walaupun hanya sebatas menghapus kontak dipinjaman online. Tetapi jangan khawatir, berikut akan dibahas tentang alternatif lain yang bisa anda lakukan untuk menghapus data pribadi dari database aplikasi pinjaman online.

Cara Menghapus Data Pribadi Dari Pinjaman Online

Cara yang bisa anda tempuh untuk menghapus jejak pinjaman online atau menghapus data pribadi dari database aplikasi pinjaman online yaitu sebagai berikut:

  1. Pertama, anda harus melunasi terlebih dahulu pinjaman online yang anda lakukan
  2. Kemudian ajukan permohonan penghapusan data pribadi dengan cara menghubungi custumer service pinjaman online
  3. Langkah berikutnya, uninstall aplikasi pinjaman online dari Hp anda
  4. Jika cara tersebut belum juga berhasil dan anda masih tetap mendapatkan nortifikasi SMS berupa penawaran pinjaman online, cobalah untuk mengganti nomor ponsel dengan simcard baru
  5. Kemudian hapus keterkaitan nomor ponsel anda sebelumnya dengan akun sosial media seperti Facebook, Instagram dan lain-lain
  6. Cara pungkasan bisa anda coba dengan cara merubah setelan Hp ke setelan Pabrik atau Resert
  7. Masih belum berhasil juga? Cobalah untuk melaporkan penyalahgunaan data pribadi ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Baca Juga : Cara Mengetahui Alamat Pemilik Rekening Paling Mudah

Kesimpulan

Demikian cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan jejak pinjaman online. Tetapi tidak ada yang mengetahui apakah benar data pribadi bisa hilang secara permanen dari database aplikasi pinjaman online atau tidak. Setidaknya anda sudah mencoba untuk melakukan berbagai cara agar data pribadi anda tidak lagi terkait dengan aplikasi pinjaman online..

Bagi anda yang memang sedang sangat membutuhkan dana dan terpaksa meminjam di aplikasi pinjaman online. Maka cobalah untuk membaca perizinan secara lebih detail untuk meningkatkan kewaspadaan anda. Biasanya aplikasi pinjaman online meminta akses perizinan seperti akses ke jaringan internet, nomor HP dan lokasi.

Selain itu hal yang lebih parah apabila aplikasi pinjaman online maminta perizinan untuk akses ke sosial media, akun e-commerce hingga internet banking milik pengguna. Pada intinya persetujuan pengguna tersebut diupayakan agar aplikasi tersebut bisa mengakses data smartphone. Dan jika anda menolak persetujuan tersebut dapat dipastikan aplikasi yang anda install tidak dapat digunakan dengan optimal atau bahkan anda tidak bisa melakukan pendaftaran ataupun gagal dalam melakukan pinjaman online tersebut.

Untuk itu sebelum melakukan pinjaman online lebih baik pikirkan lagi dengan matang keputusan anda tentang resiko apa yang bisa saja anda dapatkan dari melakukan pinjaman tersebut. semoga bermanfaat. . .

Leave a Reply

Your email address will not be published.