Cara Menghitung Modal Perusahaan, Lihat Juga Rumusnya !

2 min read

Cara Menghitung Modal Perusahaan

Cara Menghitung Modal Perusahaan – Sebagai pebisnis anda perlu menghitung modal perusahaan dengan efektif dan efesien. Perhitungan modal yang tepat akan memudahkan anda dalam menentukan langkah berikutnya dalam mengembangkan usaha atau bisnis di perusahan anda. Modal bagi perusahaan dibedakan menjadi dua kategori yaitu modal awal dan modal akhir.

Pengertian Modal Awal dan Modal Akhir

Modal awal merupakan modal yang diperlukan untuk membangun atau merintis suatu bisnis seperti modal investasi, operasional dan juga modal kerja. Sedangkan modal akhir merupakan modal yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis. Modal ini perlu dikelola dengan baik setelah anda mengetahui laba maupun rugi dari suatu perusahaan. Pembeda dari kedua modal tersebut adalah periode tujuan dan cara menghitungnya.

Cara Menghitung Modal

Berikut beberapa cara untuk menghitung modal perusahaan, dari cara tersebut semoga bisa menjadi referensi anda. Berikut caranya

1. Modal Kerja, Modal Investasi dan Modal Operasional

Cara yang pertama yaitu dengan menambahkan modal kerja, modal investasi dan modal operasional. Sebelumnya perlu anda ketahui terlebih dahulu tentang modal-modal tersebut. Modal kerja merupakan semua biaya yang diperlukan dalam memenuhi pasokan barang dan juga bahan baku untuk pengembangan bisnis. Modal investasi yaitu biaya yang dikeluarkan untuk pembelian peralatan dengan nilai tinggi sebagai peralatan yang digunakan selama operasional bisnis berlangsung. Sedangkan modal operasional merupakan semua dana yang digunakan sebagai biaya pendukung kelancaran operasional bisnis.

Rumus Modal = Modal Kerja + Modal Investasi + Modal Operasional

Perhatikan dengan baik ketiga komponen modal tersebut sehingga anda bisa menghitung secara keseluruhan modal yang dapat anda gunakan dalam menjalankan bisnis perusahaan sebagai modal usaha

2. Biaya Belanja Operasional dan Belanja Modal

Cara menghitung modal yang berikutnya adalah dengan menjumlahkan biaya belanja operasional dan biaya belanja modal. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa biaya operasional merupakan dana yang dibutuhkan untuk kepentingan operasinaol bisnis. Contoh kepentingan operasional yaitu pembayaran listrik, air, sewa tempat, gaji karyawan dan lain-lain. Sedangkan belanja modal atau capital expense merupakan nominal dana yang dibutuhkan untuk berlangsungnya bisnis yang dijalankan. Seperti belanja peralatan bisnis maupun investasi untuk keberlangsungan bisnis anda.

Rumus Modal = Biaya Belanja Operasional + Biaya Belanja Modal

3. Cara Menghitung Modal Perusahaan : Laba, Prive dan Modal Akhir

Untuk cara yang ketiga yaitu dengan meghitung laba, prive dan modal akhir. Cara menghitung modal bisnis dengan menggunakan metode ini dapat ditentukan dengan rumus sebagai berikut:

Rumus Modal = Modal Akhir – (Prive + Laba)

Bagi anda yang belum memahami tentang komponen-komponen rumus diatas dapat menyimak ulasan berikut terkait definisi prive dan laba. Prive merupakan suatu tindakan penarikan uang dengan tujuan untuk keperluan bisnis maupun pribadi. Sedangkan laba merupakan keuntungan bersih yang akan diperoleh dari suatu bisnis. Setelah memahami apa itu laba dan prive anda bisa menghitung modal dengan menggunakan rumus diatas disesuaikan dengan pembiayaan yang telah dilakukan berkaitan dengan keuangan bisnis anda.

4. Cara Menghitung Modal Perusahaan Modal Akhir, Pendapatan, Beban, Pajak dan Prive

Untuk cara yang terakhir yaitu dengan melakukan perhitungan beberapa komponen sekaligus sepeti modal akhir, pendapatan, beban, pajak dan prive. Cara menghitung modal dengan menggunakan metode ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Rumus Modal = Modal Akhir – (Pendapatan + Beban + Pajak + Prive)

Sedikit penjelasan tentang beberapa komponen diatas, yang pertama pendapatan. Pendapatan merupakan sejumlah dana atau nominal uang sebagai hasil dari kegiatan berbisnis. Berikutnya yaitu beban, beban merupakan beberapa kewajiban yang mampu menurunkan manfaat ekonomi selama periode akuntansi.

Baca Juga : Usaha Sembako Dengan Modal 5 Juta, Apakah Bisa ?

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang dapat menjadi opsi atau pilihan bagi anda dalam melakukan perhitungan modal bisnis atau modal perusahaan. Dengan perhitungan modal yang baik anda dapat memanagement keuangan untuk perkembangkan bisnis anda. Kunci dari kesuksesan menjalankan bisnis adalah ketekunan, ketelitian dan juga kesabaran.

Perhatikan dengan detail hal-hal yang berkaitan dengan keuangan demi kemajuan perusahaan anda. Sebetulnya banyak software yang sudah berkembang diera digital ini sebagai alat untuk memudahkan anda dalam menghitung modal perusahaan. Anda cukup mencari tau jenis software mana yang cocok digunakan untuk menghitung modal bisnis atau perusahaan anda. Sekian dan terimakasih sudah berkunjung ke pinjamansmart.com, semoga bermanfaat . . .

Cara Daftar InDriver Motor

barokindo
2 min read

Modal Usaha Air Minum Kemasan

Modal Usaha Air Minum Kemasan – Jika anda ingin membuka usaha pabrik air minum kemasan sebetulnya membutuhkan modal yang tidak sedikit. Walau sebetulnya banyak...
barokindo
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.