Penyebab ATM BNI Tidak Bisa Cek Saldo

3 min read

Penyebab ATM BNI Tidak Bisa Cek Saldo

Penyebab ATM BNI Tidak Bisa Cek Saldo – Bagi anda Nasabah Bank pasti pernah mengalami permasalahan saat melakukan transaksi ataupun mengecek saldo menggunakan ATM. Pastinya anda bertanya-tanya mengapa ATM yang anda miliki tidak bisa melakukan cek saldo atau terjadi kendala saat ingin melihat sisa saldo keuangan di ATM.

Hal ini kerap terjadi dibeberapa Bank di Indonesia tidak terkecuali Bank BNI. Jika terjadi kendala saat melakukan cek saldo anda jangan terlalu khawatir dan cemas. Tetaplah tenang dan tunggu beberapa saat. Jika masih tidak bisa juga mengecek saldo ATM BNI ada beberapa penyebab atau masalah yang mungkin terjadi sehingga mengakibatkan anda gagal melakukan cek saldo. . mari simak penjelasan berikut:

Penyebab ATM BNI Tidak Bisa Cek Saldo
Penyebab ATM BNI Tidak Bisa Cek Saldo

Penyebab ATM BNI Tidak Bisa Cek Saldo

Ada bebrapa penyebab tidak bisa melakukan cek ATM BNI, untuk itu berikut beberapa penyebab tersebut.

Mesin ATM Bermasalah

Faktor penyebab yang pertama menjadi kemungkinan terjadinya gagal cek saldo di ATM BNI adalah gangguan mesin ATM atau mesin ATM yang bermasalah. Mesin ATM yang mengalami gangguan atau masalah merupakan hal yang umum dan sering terjadi. Terkadang mesin bisa saja tiba-tiba menjadi rusak saat sedang anda gunakan. Hal ini tentu menyebabkan ke khawatiran tersendiri di diri anda tentang transaksi yang telah dilakukan apakah mempengaruhi saldo anda dan terjadi pengurangan atau tidak.

Jika tidak bisa melakukan cek saldo dan kartu ATM anda masih bisa di keluarkan dari mesin ATM cobalah untuk mendatangi gerai mesin ATM BNI ditempat lain untuk memastikan jumlah saldo yang anda miliki. Tetapi ketika hal tersebut tidak dapat juga dilakukan mungkin ada penyebab lain mengapa anda tidak bisa melakukan cek saldo di ATM. Dan jika kartu ATM anda masih di dalam mesin dan tidak bisa keluar langkah yang paling tepat adalah menghubungi pihak bank atau Call Center BNI.

Kartu ATM BNI Rusak

Penyebab yang selanjutnya terkait anda tidak bisa cek saldo adalah kemungkinan terjadinya kerusakan pada kartu ATM anda. Biasanya kerusakan kartu bisa terjadi pada stip magnetik/pita hitam pada kartu ATM yang tergores dan patah. Sehingga menyebabkan kerusakan dan tidak bisa terbaca saat di masukan kedalam mesin ATM.

Selain itu kerusakan juga bisa terjadi karena masa aktif kartu ATM anda telah habis atau berakhir. Coba anda perhatikan biasanya di tampak kartu bagian depan terdapat bulan dan tahun masa berakhirnya kartu ATM. Jika sudah lewat dari bulan dan tahun yang tertera itu artinya kartu ATM BNI anda sudah kadaluarsa. Hal ini menjadi faktor penyebab yang tidak disadari oleh kebanyakan dari anda para nasabah. Untuk mengatasi penggantian Kartu ATM yang rusak anda dapat segera mengunjungi Kantong cabang BNI terdekat.

Penyebab ATM BNI Tidak Bisa Cek Saldo Salah Memasukan PIN ATM

Kesalahan memasukan PIN menjadikan kartu ATM anda otomatis tidak dapat digunakan untuk mengecek saldo ataupun transaksi yang lainnya. Lupa dengan PIN ATM juga menjadi hal yang cukup sering terjadi dikalangan para Nadabah Bank. Untuk itu karena jika sampai tiga kali anda salah memasukan pin yang akan terjadi adalah Kartu ATM anda akan terblokir. Kemudain secara otomatis tertelan kedalam mesin ATM. Karena mesin ATM dirancang untuk mendeteksi jika terjadi kesalahan memasukan pin sampai tiga kali. Maka kartu akan terblokir dan tertelan sebagai antisipasi terjadinya kecurangan atau kemungkinan ATM anda digunakan oleh orang lain yang tidak bertanggungjawab.

Jika sudah terblokir maka anda harus mengganti Kartu ATM anda. Sebelumnya anda harus unblock kartu ATM, hal tersebut bisa dilakukan dengan cara menghubungi Call Center BNI atau langsung datang ke Kantor Cabang BNI terdekat.

Penyebab ATM BNI Tidak Bisa Cek Saldo Server ATM Bermasalah

Bagi anda yang belum tahu, bahwa sebetulnya mesin ATM merupakan mesin elektronik yang terhubung dengan jaringan Internet. Sehingga jika terjadi gangguan jaringan akan sangat mempengaruhi penggunakan mesin ATM. Dengan begitu cek saldo yang anda lakukan tidak bisa diproses dan menyebabkan kegagalan cek saldo.

Selain dari gangguan jaringan, kesalahan server juga dapat mengakibatkan ATM menjadi bermasalah. Sama halnya dengan jaringan server ATM juga bisa sewaktu-waktu menjadi eror dan mengakibatkan gagal transaksi ataupun cek saldo.

Hal yang bisa anda lakukan jika permasalahan yang terjadi disebabkan oleh hal-hal diatas adalah tunggu beberapa jam kemudian anda bisa mencoba kembali atau anda juga bisa mengunjungi ATM BNI lainnya.

Saldo Rekening dibawah Saldo Minimal

Penyebab yang terakhir mengapa anda tidak bisa cek saldo adalah saldo rekening yang anda miliki jumlahnya dibawah saldo minimal. Ini menjadi hal yang sering tidak disadari oleh pengguna ATM atau Nasabah. Jika saldo ATM anda dibawah saldo minimal otomatis semakin lama saldo akan semakin habis. Terlebih jika anda membiarkan hal tersebut terjadi dengan kurun waktu yang cukup lama. Sudah pasti Kartu ATM anda akan diblokir oleh sistem. Dan anda tidak lagi bisa melakukan transaksi dan juga cek saldo. Untuk itu tetap terus gunakan Kartu ATM anda dan pastikan saldo jangan sampai berada dibawah jumlah minimal sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh pihak Bank BNI.

Baca Juga : Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Utama

Kesimpulan

Demikian penyebab yang mungkin saja bisa terjadi pada ATM anda sehingga mengakibatkan tidak bisa cek saldo. Hal yang sering terjadi tentunya adalah gangguan jaringan. Masalah eror ini juga tidak hanya datang dari gangguan jaringan internet saja. Akan tetapi juga bisa disebabkan karena server yang bermasalah dan hal-hal lain seperti yang sudah dibahas diatas. Ketika anda sudah mengatahui apa penyebab ATM BNI anda tidak bisa cek saldo anda bisa mengambil langkah yang tepat untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat. . .

Leave a Reply

Your email address will not be published.