Usaha Sembako dengan Modal 5 Juta

3 min read

Usaha Sembako dengan Modal 5 Juta

Usaha Sembako dengan Modal 5 Juta – Bagi anda yang ingin membuka usaha sembako tetapi hanya memiliki modal yang sedikit pasti bertanya-tanya apakah bisa membuka usaha dengan modal yang tak terlalu besar? Anda tidak perlu risau dengan modal Rp 5.000.000 anda sudah bisa membuka warung sembako. Agar dapat sukses dan untuk tentunya anda membutuhkan trik dan strategi yang baik. Untuk memulai usaha ini anda juga perlu memanagement keuangan sebaik-baiknya agar usaha sembako yang anda inginkan dapat terwujud

Usaha sembako yang biasa kita kenal dengan warung kelontong merupakan suatu bidang usaha atau bisnis yang memiliki potensi tinggi dan juga menguntungkan. Walaupun laba yang didapatkan tidak begitu besar tetapi cukup stabil. Meskipun banyak pesaing tetap saja ada yang membeli, sebab sembako merupakan bahan pokok sehari-hari yang sangat dibutuhkan oleh semua orang. Jika anda bisa menjaga harga dan kualitas barang yang dijual sesuai dengan kompetitif dan pasokan barang cukup stabil usaha ini tidak akan merugi justru akan semakin terus berkembang.

Dengan modal yang minim atau pas-pasan anda harus bisa memanfaatkan modal yang ada dengan sebaik-baiknya. Karena untuk memulai usaha ini tergolong susah-susah gampang. Untuk itu bagaimana cara memulai usaha dengan modal 5 juta? Anda harus cermat dan hati-hati. Simak ulasan berikut tentang cara membuka usaha sembako dengan modal 5 Juta.

Cara Mendapatkan Untung Berlipat Ganda dengan Usaha Sembako 5 Juta

Berikut akan dibahas tentang cara memulai usaha sembako bermodalkan 5 juta tetapi tetap dapat menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda. Anda perlu mencoba tips dibawah ini, hal-hal yang harus diperhatikan antara lain:

1. Tempat Usaha Sembako dengan Modal 5 Juta

Pemilihan tempat usaha menjadi faktor penting jika anda ingin membuka warung sembako dengan bermodalkan 5 juta rupiah. Anda harus bisa sehemat mungkin dalam mengeluarkan budget untuk tempat usaha karena dengan begitu sisa dari modal bisa dimanfaatkan untuk memenuhi stok barang dagangan ataupun perlengkapan lainnya. Langkah yang bisa anda ambil untuk menghemat biaya pengeluaran dana untuk tempat usaha anda bisa memilih alternatif membuka warung sederhana didepan rumah. Hal ini bisa menghemat pengeluar anda.

Tetapi selain itu anda juga harus memilih lokasi yang stategis misalkan rumah anda di dekat jalan besar. Jika anda membuka warung didepan rumah yang dekat dengan jalan besar maka peluang pembeli akan semakin banyak. Tetapi jika rumah anda tidak memungkin untuk digunakan sebagai tempat usaha, sebagai alternatif lain anda bisa memilih lokasi dengan harga sewa yang terjangkau dengan tetap mempertimbangan pemilihan lokasi yang stategis.

Jadi anda harus memiliki perencanaan yang baik berkaitan dengan tempat usaha. Anda harus memiliki strategi yang matang dan secermat mungkin agar tidak terlalu banyak memakan pemaikan modal awal.

2. Rincian Modal Usaha Sembako dengan Modal 5 Juta

Selain dari tempat usaha anda juga harus membuar rincian modal usaha. Setelah mendapatkan tempat usaha yang cocok dengan harga yang minim, baru anda bisa mengetahui biaya perincian-perincian modal untuk keperluan lainnya. Seperti etalase, pemasangan listrik, alat-alat penunjang lainnya dan juga barang yang akan dijual atau dagangan. Hal ini untuk mencegah terjadinya kendala dikemudian hari untuk itu perlu anda pikirkan dengan baik dan cermat sebab modal yang ada tidak terlalu banyak.

Berikut contoh rincian modal anggaran biaya yang diperlukan untuk usaha sembako dengan modal 5 juta rupiah dengan budget yang minim tanpa adanya sewa tempat.

a. Inventaris

  • Sewa Tempat : Rp 0
  • Etalase : Rp 1.150.000
  • Rak : Rp 500.000
  • Meja dan Kursi : Rp 250.000
  • Timbangan : Rp 135.000

b. Perlengkapan Pendukung

  • Kalkulator dan alat tulis : Rp 80.000
  • Toples dan Kantong Plastik : Rp 50.000
  • Lain-lain : Rp 100.000

c. Barang yang akan dijual

  • Sembako : Rp 2.035.000
  • Produk Pendukung : Rp 850.000
  • Total : Rp 5.150.000

Ketika akan memulai usaha sembako ini agar lebih mudah sebaiknya ada mulai mencicil dengan terlebih dahulu menyiapkan perlengkapan dengan dana seminim mungkin. Sehingga kelebihan dari sisa modal bisa anda gunakan untuk menambah stok barang dagangan.

3. Membuat List Barang Dagangan

Membuka usaha sembako hal penting berikutnya yang harus anda lakukan adalah membuat daftar barang dagangan, usahakan selengkap mungkin. Supaya anda juga tidak kebingungan tentukan jenis barang berdasarkan prioritas ataupun pendukung. Setelah membuat list barang dagangan, anda bisa memulai berbelanja produk yang akan dijual dengan skala prioritas terlebih dahulu.

Jika barang-barang yang diprioritaskan sudah terpenuhi anda bisa menambahkan beberapa barang pendukung dengan melihat minat pembeli disekitar anda. Perhatikan juga masa kadaluarsa barang-barang yang akan anda beli, karena ini merupakan salah satu hal penting yang harus anda perhatikan. Tidak menjadi masalah usaha sembako anda tergolong kecil, asalkan produk yang dijual lengkap dan sesuai dengan kebutuhan sehari-hari konsumen.

4. Carilah Distributor dari Tangan Pertama

Usahakan untuk mendapatkan barang-barang dagangan dari distributor tangan pertama. Karena dengan membeli barang melalui ditributor tangan pertama biasanya harga yang ditawarkan akan jauh lebih murah. Usahakan sebisa mungkin untuk mendapatkan harga barang paling murah tetapi dengan tetap memperhatikan kualitas barang.

Setelah anda mendapatkan distributor pertama, sebelum membeli barang cobalah untuk melakukan negosiasi harga terlebih dahulu. Sebab tidak semua distributor mengharuskan untuk bayar cash. Banyakan juga distributor yang memberi jangka waktu pembayaran atau tempo pembayaran seperti satu minggu, satu bulan atau bahkan hingga tiga bulan. Dengan adanya kelonggaran biaya pastinya akan membuat anda memiliki banyak peluang untuk menghemat modal.

5. Kenali harga Jual Kompetitor

Hal ini merupakan salah satu faktor yang termasuk kedalam strategi untuk memenangkan pasar. Dengan kata lain, jika anda menjual barang lebih tinggi kepada kompetitor anda sudah pasti ini akan menjadi hal utama yang membuat usaha anda sepi pelanggan dan membawa pengaruh usaha menjadi sulit berkembang. Hal ini tentu akan menjadi bomerang tersendiri bagi para pemula usaha sembako terlebih jika usahanya tergolong usaha kecil.

Keuntungan usaha sembako sebetulnya sangatlah kecil. Sehingga anda perlu memahami dengan betul mana barang yang menjadi jenis barang yang mayoritas dibutuhkan oleh orang-orang pada setiap harinya. Karena anda baru memulai usaha, anda harus pandai pandai menarik minat pelanggan. Berikan harga terbaik untuk mencari pelanggan sebanyak-banyaknya. Jualah barang dengan harga sedikit lebih murah dari harga kompetitor disekitar anda.

Ketika anda sudah memiliki banyak pelanggan, barulah anda bisa menaikan sedikit demi sedikit harga barang sesuai dengan harga pasar pada umumnya seiring dengan perkembangan usaha dan besaran modal yang dimiliki. Anda juga bisa mencari distributor yang lebih besar dan murah untuk menjaga harga jual tetap kompetitif agar barang dagangan tetap laris manis.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang 50 Juta Dalam Sehari

Kesimpulan

Demikian tips untuk membuka usaha sembako dengan modal Rp 5.000.000, Hal penting lainnya yang harus anda perhatikan adalah membuat pembukuan usaha sebaik mungkin. Dengan adanya pembukuan maka usaha yang anda jalankan akan sistematis dan terarah. Sehingga anda tidak kebingungan mana dana yang harus digunakan untuk kebutuhan operasional dan juga dana untuk membayar barang yang sudah jatuh tempo. Hasil keuntungan bersih harus digunakan untuk mengembangkan usaha. Hal ini juga untuk menghindari kemungkinan kekacauan yang akan terjadi antara pendapatan dan pengeluaran.

Untuk menjadikan usaha dagang anda menguntungkan dengan modal terbatas, usaha sembako adalah salah satu solusinya. Dengan mengikuti trik diatas, semoga dapat memudahkan anda untuk memulai usaha sembako dengan modal yang minim. Sekian dan terimakasih sudah berkunjung ke pinjamansmart.com. Semoga bermanfaat. . .

Cara Daftar InDriver Motor

barokindo
2 min read

Modal Usaha Air Minum Kemasan

Modal Usaha Air Minum Kemasan – Jika anda ingin membuka usaha pabrik air minum kemasan sebetulnya membutuhkan modal yang tidak sedikit. Walau sebetulnya banyak...
barokindo
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.