Cara Pembayaran Tiket Kereta Api Via ATM BRI

2 min read

Cara Pembayaran Tiket Kereta Api Via ATM BRI

Cara Pembayaran Tiket Kereta Api Via ATM BRI – PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) adalah BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang melayani jasa angkutan baik untuk penumpang maupun barang. Kereta menjadi salah satu angkutan yang banyak diminati sebagai transportasi baik jarak dekat maupun jarak jauh. Sebab, selain fasilitas dan pelayanan yang disuguhkan sangat baik juga harga yang ditawarkan relatif lebih murah dari transportasi lainnya.

Selain itu beberapa alasan juga kerap dilontarkan para penumpang milenial yang lebih memilih bepergian menggunakan kereta seperti lebih nyaman, mudah, terjangkau dan jam keberangkatan hingga sampai pada stasiun tujuan sebagian besar hampir selalu tepat waktu.

Jenis Kereta API PT KAI Indonesia

Jenis kereta yang disediakan juga cukup bervariasi, seperti kelas ekonomi, bisnis hingga executive. Dimana kelas tetinggi yang disediakan PT KAI yaitu executif yang hanya menampung penumpang sekitar 50 orang saja dalam satu kereta. Vasilitas kelas tinggi juga tersedia cukup lengkap seperti makanan, audio vicual, kursi yang lebih nyaman untuk perorangan dan pendingin ruangan.

Sedangkan untuk jasa angkutan barang, saat ini sudah mengalami peningkatan yang lebih baik ke arah modernisasi. Sehingga, sudah tidak diragukan lagi dan sudah banyak digunakan seperti mengangkut batu bara, peti kemas, semen dan lain sebagainya.

Tiket Kereta Api sudah sejak lama menggunakan sistem pembayaran non-tunai. Saat ini sudah marak berbagai aplikasi yang menyediakan layanan pembelian tiket kereta api secara online. Terkait metode pembayaran sendiri beragam, bisa dilakukan melalui aplikasi Dana, Alfamart tedekat, ATM dan lain-lain. Hal ini tentu memberikan kemudahan yang cukup signifikan, pasalnya calon penumpang tidak perlu lagi mengantri pada loket stasiun yang masih menyediakan pembelian tiket kereta secara offline dan juga meminimalisir terjadinya pungli dari calo-calo tiket yang mencari keuntungan.

Bank Rakyat Indonesia atau yang lebih dikenal dengan BRI merupakan salah satu perusahaan keuangan atau perbankan yang menawarkan beragam fasilitas layanan guna memenuhi kebutuhan nasabah. Salah satu transaksi yang dapat dilakukan selain pembayaran tiket pesawat, PDAM, top-up dana, BRI juga menyediakan pembayaran tiket kereta api yang bisa dilakukan melalui ATM.

Sebelum melakukan transaksi pembayaran tiket kereta melalui ATM BRI, hal yang penting untuk diperhatikan adalah kode pembayaran tiket kereta api yang sudah anda pesan. Selain itu juga perlu digaris bawahi nominal pembayar tiket, kode maupun nama perusahan kereta api yang akan anda tumpangi apakah sudah sesuai dengan tujuan yang anda inginkan. Pastikan terlebih dahulu semuanya sudah sesuai, barulah anda lakukan pembayaran via ATM BRI, Bagaimana caranya? Mari Simak Ulasan pinjamansmart.com berikut.

Cara PembayCara Pembayaran Tiket Kereta Api Via ATM BRIaran Tiket Kereta Api Via ATM BRI

Cara Bayar Tiket Kereta Api Melalui ATM BRI

  1. Datangi Gerai ATM terdekat
  2. Setelah berada pada Ruang ATM, Masukan Kartu ATM BRI dan PIN ATM anda
  3. Pilih Menu Transaksi Lainnya
  4. Kemudian pilih menu Pembayaran dan pilih menu Lainnya
  5. Lalu anda bisa pilih menu Tiketing dan menu Kereta Api
  6. Masukan 13 Digit Kode Pembayaran yang anda dapatkan setelah memesan tiket
  7. Kemudian akan muncul tampilan nominal yang harus anda bayar, cek dengan teliti apakah sudah sesuai. Setelah itu pilih Benar
  8. Tunggu Proses transaksi yang sedang berlangsung jika sudah struk transaksi akan secara otomatis keluar dari mesin ATM
  9. Transaksi yang anda lakukan telah Berhasil
  10. Simpan struk dengan baik sebagai bukti pembayaran bilamana suatu saat diperlukan.
  11. Selesai

Seperti itulah, cara melakukan pembayaran tikel melalui ATM BRI cukup mudah bukan. Ya memang mudah sekali, disamping itu caranya pun sangat cepat. Selaing bisa menggunakan ATM tentu anda juga bisa melakukan pembayaran lewat layanan BRI lainnya.

Keuntungan Bayar Tiket Kereta Api Via ATM BRI

Untuk keuntungan yang di dapatkan, jika melakukan pembayaran tiket lewat ATM BRI yaitu cukup banyak seperti :

  1. Mesin ATM BRI dapat mudah sekali ditemui dan banyak yang buka 24 jam
  2. Bayar tiket lewat kartu ATM bisa melalui agen BRILink
  3. Ruangan ATM BRI pada umumnya ber AC jadi tidak perlu kepanasan
  4. Bayar melalui ATM BRI tidak dipungut biaya administrasi
  5. Proses bayarnya cepat hanya beberapa menit saja

Nah, seperti itulah keuntungan jika anda melakukan cara pembayaran tiket kereta api via ATM BRI. Dengan keuntungan tersebut, pada dasarnya sudah menjadi keuntungan para nasabah bank BRI juga.

Baca Juga : Lupa Passord BRIMO, Lihat Cara Mengatasinya !!!

Kesimpulan

Demikian cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan pembayaran tiket kereta Api melalui ATM BRI. Pemesanan Tiket Kereta Api sendiri bisa langsung anda pesan melalui aplikasi resmi PT KAI. Proses yang dilakukan terbilang mudah dan tidak perlu khawatir dipersulit. Lakukan saja langkah demi langkah sesuai prosedur dengan benar sesuai ketentuan yang berlaku selama aplikasi masih tersedia. Setelah itu baru lakukan pembayaran via ATM. Sekian, semoga bermanfaat. . .

Leave a Reply

Your email address will not be published.