Nomor Referensi BCA : Begini Cara Mudah Mengeceknya

3 min read

Nomor Referensi BCA

Nomor Referensi BCA – Para Nasabah BCA pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Nomor Referensi, terlebih jika anda nasabah BCA yang aktif melakukan berbagai transaksi keuangan melalui Internet-Banking ataupun SMS Banking. Walaupun demikian masih banyak diantara para Nasabah yang belum mengerti apa itu nomor referensi?

Nomor Referensi merupakan seri nomor yang didapatkan secara acak dan sistematis yang disusun oleh sistem sebagai tanda bahwa anda telah berhasll melakukan transaksi. Secara umum nomor referensi juga lebih dikenal dengan sebutan nomor identitas transaksi. Nah itulah sedikit pengertian tentang nomor referensi.

Sementara ada beberapa orang beranggapan bahwa nomor referensi itu disamakan dengan kode bank, padahal keduanya jelas sangat berbeda. Kode bank merupakan kode yang harus dicantumkan pada tiga digit angkat pertama sebelum nomor rekening tujuan. Yakni saat ingin melakukan transaksi pengiriman uang atau transfer. Sebagai informasi tambahan Kode Bank BCA yaitu 014. Kode tersebut bisa anda gunakan saat ingin melakukan transfer uang sesama Bank BCA atau juga dari bank lain dengan tujuan Bank BCA.

Kemudian apakah anda tahu, apa fungsi dari nomor referensi? Bagi anda yang masih belum memahami fungsi dari referensi mari simak ulasan berikut. Nomor referensi berfungsi untuk melacak suatu transaksi keuangan yang telah berhasil dilakukan.

Sebagai contoh kasus yang kerap terjadi, misalnya anda telah melakukan transaksi tetapi tidak mendapatkan struck atau resi print out dari transaksi tersebut, tetapi anda hanya mendapatkan kode referensi dari Internet Banking ataupun Sms Banking. Maka anda dapat melalukan tracking transaksi pada Bank terdekat apabila hal tersebut diperlukan.

Nomor Referensi BCA

Nomor Referensi di ATM BCA

Nomor referensi BCA diperlukan untuk mengidentifikasi transaksi yang telah dilakukan pada masing-masing Bank. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa fungsi nomor referensi sebagai tracker perlu mencantumkan nomor referensi. Jika anda pengguna setia ATM banyak sekali nasabah yang mengira nomor referensi dikaitkan dengan identitas suatu Bank. Padahal keduanya jelas berbeda, nomor referensi adalah nomor yang biasanya ada dipilihan setelah anda memasukan nomor rekening tujuan transfer via ATM.

Para pengguna ATM tidak jarang melewatkan atau skip nomor referensi ini. Biasanya banyak yang dikosongkan atau diisi asal-asalan. Dan kode bank juga merupakan hal yang sangat dibutuhkan saat melakukan pengiriman uang melalui ATM.

Oleh karena itu sebelum melakukan transaksi finansial melalui ATM pastikan anda mengetahui terlebih dahulu Bank yang akan anda tuju, untuk mempermudah anda dalam mengetahui kode bank yang dibutuhkan sesuai dengan tujuan pengiriman tersebut.

Nomor Referensi di Internet Banking BCA

Nomor referensi pada internet banking merupakan nomor yang wajib diisi. Apabila penerima uang tersebut adalah keluarga, teman atau juga dalam transaksi pembayaran suatu produk tertentu. Pada transaksi pembayaran produk biasanya dilakukan dengan nomor referensi khusus. Dari uraian diatas dapat diketahui bahwa pada transaksi di internet banking nomor referensi atau kode unik harus diisi. Anda bisa mengisi nomor referensi internet bacnking BCA dengan cara membuatnya sendiri. Nomor referensi yang anda buat dapat berupa 3 atau 4 digit angka, 5 digit angka juga bisa sebetulnya. Misalnya 0,0012,006,136 atau 4211 dan lain sebagainya.

Misalkan tujuan transfer dari I-banking BCA adalah untuk pembayaran pembelian barang via online nomor referensi ini tentunya berfungsi untuk mempermudah proses pengecekan setiap produk yang terjual dan juga mempemnudah proses identifikasi pembayaran. Dan pembayaran pembelian barang online ini, nomor referensi biasanya disediakan oleh pihak penjual ataupun sistem marketplace terkait.

Selain dari transaksi finansial, nomor referensi juga akan anda dapatkan pada saat anda melakukan transaksi pembelian pulsa. Nomor referensi pada transaksi pembelian pulsa berfungsi untuk mengecek laporan berhasil atau tidaknya transaksi pengiriman pulsa tersebut. Nomor Referensi yang sudah digunakan pada proses transaksi juga bisa di cek loh, penasaran bagaimana caranya? Simak ulasan berikut. . .

Cara Cek Nomor Referensi BCA

Perlu anda ketahui bahwa nomor referensi BCA juga bisa anda cek setelah proses transaksi terjadi apabila hal tersebut memang dibutuhkan. Tetapi untuk mengecek nomor referensi BCA ini memiliki batas waktu, yaitu 30 hari. Jadi apabila transaksi yang anda lakukan sudah lebih dari 30 hari, maka transaksi tersebut sudah tidak dapat lagi anda cek.

Bank BCA memiliki banyak fitur yang bisa memudahkan anda untuk mengecek nomor referensi pada proses transaksi. Langkah-langkah tersebut antara lain:

Cara Cek Nomor Referensi BCA Melalui BCA Mobile

Cara ini dapat dilakukan jika anda sudah melakukan aktivasi pada kantor cabang bank BCA terdekat. Apabila hal tersebut sudah anda lakukan anda dapat mengecek nomor referensi melalui cara berikut:

  1. Buka aplikasi BCA Mobile di Hp anda, pilih menu M-BCA
  2. Input kode masuk pada kolom tersedia, klik Log in
  3. Pilih menu M-Transfer
  4. Untuk memeriksa transaksi anda bisa masuk ke menu Inbox dibagian bawah
  5. Tunggu beberapa detik, riwayat transaksi anda akan muncul secara otomatis
  6. Dilaman tersebut juga tertera nomor referensi transaksi

Cara Cek nomor referensi BCA melalui Klik BCA

Tidak berbeda dengan cara sebelumnya, untuk melakukan langkah ini anda juga harus melakukan aktivasi terlebih dahulu di Cabang BCA terdekat. Apabila sudah, anda bisa lakukan langkah selanjutnya sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Klik BCA lalu Masukan User ID dan Password
  2. Klik Log in dan tunggu beberapa saat
  3. Pilih menu Histori pada menu tab sebelah kiri
  4. Setelah itu pilih waktu pada transaksi yang ingin anda cek
  5. Nantinya akan muncul riwayat transaksi sesuai periode yang anda cari sebelumnya
  6. Setelah itu anda dapat melakukan detail transaksi dengan klik tab sebelah kiri
  7. Lalu akan muncul data lengkap dari transaksi yang sudah anda lakukan, termasuk nomor referensi transfer BCA

Baca Juga : Pinjaman Bank BCA Jaminan SK Karyawan Proses Cepat

Kesimpulan

Demikian ulasan tentang nomor referensi untuk bank BCA. Maka perlu anda ketahui sekali lagi bahwa untuk melakukan transfer terlebih melalui internet banking BCA wajib menggunakan nomor referensi. Dan dengan nomor referensi tersebut anda bisa melakukan pengecekan transaksi yang sudah pernah anda lakukan. Tetapi dengan catatan dalam waktu kurang dari 30 hari.

Sementara bagi anda yang masih bertanya-tanya apakah pengecekan referensi ini memakan biaya? Jawabannya tidak. Sama halnya dengan mengecek saldo dan mutasi rekening. Bank BCA juga memberi kebebasan nasabahnya untuk mengecek nomor referensim secara gratis tanpa potongan sama sekali. Oke terimakasih sudah berkunjung ke pinjamansmart.com. Semoga artikel ini bermanfaat. . .

Leave a Reply

Your email address will not be published.