Perbedaan BRI Simpedes dan BRItama, Berikut Penjelasan Lengkapnya !!

3 min read

Perbedaan BRI Simpedes dan BRItama

Perbedaan BRI Simpedes dan BRItama – Bank Rakyat Indonesia atau yang lebih akrab disebut dengan bank BRI merupakan salah satu bank pemerintah yang amat besar di Indonesia. Dengan jumlah nasabah yang sudah menyentuh pada angka 30 Juta lebih.

Dan sudah banyak sekali produk berkenaan dengan transaksi keuangan yang telah dikeluarkan oleh bank BRI termasuk Simpedes dan BRItama. Sepertinya kedua produk atau jenis tabungan tersebut sangalah populer dikalangan masyarakat.

Walaupun demikian masih banyak yang belum memahami tentang perbedaan kedua jenis tabungan tersebut. Sebelum beralih menuju pembahasan utama tentang perbedaan tabungan Simpedes dan BRItama, alangkah lebih baik jika kita memahami terlebih dahulu tentang definisi kedua jenis tabungan tersebut.

Simpedes atau yang lebih lengkap dengan istilah Simpanan Masyarakat Pedesaan merupakan tabungan yang diperuntukan untuk masyarakat di daerah pedesaan. Terdiri dari Simpedes dan Simpedes TKI. Sedangkan BRItama yaitu tabungan yang diperuntukan dengan target masyarakat perkotaan dan merupakan produk rebranding dari Simpanan Masyarakat Perkotaan (Simaskot). Dalam rangka memenuhi kebutuhan nasabah BRItama terbagi menjadi lima varian yakni BRItama, BRItama Valas, BRItama X, BRItama Bisnis dan BRItama Rencana.

Perbedaan BRI Simpedes dan BRItama

Ada perbedaan mendasar dari kedua jenis tabungan bank BRI tersebut. hal-hal yang membedakan mulai dari jumlah setoran awal sampai pada fasilitas proteksi kecelakaan diri. Untuk lebih jelasnya mari simak ulasan tentang perbedaan BRI Simpedes dan BRITama dari pinjamansmart.com berikut.

1 Setora Awal

Perbedaan yang pertama dapat anda temukan pada setoran awal saat pembuatan rekening. Sebetulnya yang akan dibahas disini adalah nilai nominal minimum dan jika nantinya anda berniat ingin membuka rekening dengan setoran yang lebih besar juga diperbolehkan dan tidaklah menjadi masalah

Simpedes

Setoran awal minimal yang diberlakukan oleh bank BRI pada jenis tabungan Simpedes yaitu sebesar Rp 100.000.

BRItama

Setoran awal untuk produk BRItama memiliki nominal angka yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan produk simpedes yaitu sebesar Rp 250.000 hingga Rp 500.000.

2. Kartu Debit

Perbedaan yang kedua yaitu tentang fasilitas e-banking dan jenis kartu ATM BRI yang perlu menjadi pertimbangan bagi anda sebelum membuat rekening. Kartu debit ATM ini akan memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi keuangan tanpa harus melalui teller di kantong cabang BRI.

Simpedes

Pemilik jenis tabungan ini akan mendapatkan kartu debit ATM BRI private label dengan warna dasar biru.

BRItama

Sementara untuk nasabah yang membuat rekening jenis BRItama akan dapat memilih diantara dua jenis kartu debit yakni kartu debit ATM classic berwarna hijau dan kartu debit ATM Premium berwarna Hitam. Pemberian kartu debit ini dilakukan berdasarkan jumlah nominal setoran awal.

Kemudian untuk jumlah setoran dengan nomal Rp 250.000 akan secara otomatis mendapatkan kartu debit ATM classic. Sedangkan untuk saldo awal dengan nominal Rp 500.000 dapat memilih jenis kartu debit ATM yang diinginkan baik classic maupun premium.

3. Limit Transaksi

Perbedaan yang ketiga yaitu limit transaksi. Limit transaksi berbeda-beda disesuaikan dengan kebutuhan para pengguna atau nasabah.

Simpedes

Kartu debit ATM Simpedes dengan private label memiliki limit transaksi yang terbilang tidak terlalu besar atau cukup rendah. Tarik tunai yang bisa dilakukan nasabah dalam sehari adalah sebesar Rp 5.000.000. dengan limit transfer antar bank dengan batas Rp 10.000.000 perhari.

BRItama

Britama memiliki limit transaksi pada jenis kartu classic tidak terlalu jauh berbeda dengan private label. Tetapi pada transfer antar bank limit yang disediakan berkisar Rp 50 juta perhari. Sedangkan untuk kartu debit jenis premium berbeda dengan jenis kartu debit lainnya. Kartu debit premium nasabah dapat melakukan transaksi tarik tsunai sebesar Rp 10 juta perhari dan transfer uang antar bank maksimak Rp 25 juta perhari.

4. Fitur Kartu Debit

Selain limit transaksi, terdapat perbedaan pada fitur-fitur yang dimiliki oleh Simpedes dan BRItama. Pemilik kartu debit BRI Premium dapat melakukan transaksi pada jaringan merchant berlogo MasterCard dan Cirrus dan juga mesin EDC diluar negeri. Dan fitur ini tidak bisa digunakan sama oleh kartu ATM Private label.

5. Biaya Administrasi Bulanan

Untuk biaya administrasi akan potongandari saldo tabungan setiap bulannya. Biaya tersebut dipergunakan untuk mengelola transaksi perbankan. Seperti ATM, SMS Banking,Mobile Banking dan Internet Banking. potongan biaya ini biasanya diambil pada tanggal tertentu setiap bulan. Dan biaya administrasi ini berbeda-beda pada setiap jenis tabungannya berdasarkan ketetapan bank BRI.

Simpedes

Bagi para nasabah pemegang rekening Simpedes, biaya administrasi yang diambil perbulan melalui potongan pada saldo tabungan yaitu sebesar Rp 5.500.

BRItama

Sedangkan biaya administrasi bulan yang diambil pada jenis rekening BRItama berkisar Rp 10.000. hal ini bisa sewaktu-waktu berubah tergantung pada kebijakan dari pihak bank.

6. Suku Bunga

Perbedaan yang berikutnya dari jenis rekening Simpedes dan BRItama adalah dalam hal suku bunga. Besaran bunga ditentukan oleh banyaknya jumlah saldo tabungan yang dimiliki. Untuk suku bunga dengan besaran saldo sekitar Rp 1 Juta hingga Rp 1 Miliar baik jenis tabungan Simpedes maupun BRItama memiliki suku bunga yang sama. Tetapi bagi jenis tabungan BRItama jika saldo sudah mencapai lebih dari 1 Miliar rupiah maka suku bunga yang didapatkan juga akan lebih besar dari rekening Simpedes.

7. Program Undian

Program undian untuk rekening Simpedes dan BRItama yang disediakan oleh pihak bank BRI juga berbeda. Undian ini bertujuan untuk menambah semangat para nasabah dalam menabung dan juga sebagai reward karena sudah menjadi pelanggan setia bank BRI

Simpedes

Program undian bagi pemilik rekening Simpedes adalah Panen Hadiah Simpedes. Anda bisa melihat Cara Mendapatkan Kupon Undian Simpedes BRI Terbaru

BRItama

Sedangkan program undian untuk pemilik rekening BRItama adalah program undian BRItama FSTVL.

8. Asuransi Kecelakaan Diri

Perbedaan yang menjadi poin terakhir pada rekening Simpedes dan BRItama yaitu asuransi kecelakaan diri. Nasabah BRItama memang memiliki potongan administrasi lebih besar dari simpedes, selain itu juga jumlah saldo awal dalam membuka rekening juga terbilang besar. Tetapi BRItama menyediakan perlindungan atau asuransi kecelakaan diri.

Sementara bagi nasabah BRItama yang memberikan setoran awal sebesar Rp 500.000 atau lebih akan secara otomatis terdaftar pada program asuransi kecelakaan diri. Jumlah besaran yang ditawarkan mencapai Rp 150 juta yang dapat dicover oleh pihak bank BRI. Dan ini tidak berlaku bagi para pengguna rekening Simpedes.

Baca Juga : Aktivasi Deposit Brizzi Dengan Mudah, Begi Caranya !!!

Kesimpulan

Demikian Perbedaan BRI Simpedes dan BRItama. Semoga dapat memberikan sedikit gambaran bagi anda dalam memilih jenis rekening BRI yang akan anda buat. Pilihlah jenis rekening yang sesuai dengan kebutuhan anda. Sekian dan terimakasih. Semoga bermanfaat. . .

Leave a Reply

Your email address will not be published.